Gardu Action

Keren! Mengurai Sampah menjadi Wisata Edukasi

Mengurai Sampah menjadi Wisata Edukasi – Tempat pengolahan sampak tak selalu menjadi tempat kumuh dan berbau. Di sudut Pantai Parangkusumo, sekelompok pemuda menyulap tumpukan sampah menjadi obyek wisata menarik bagi pengunjung bernama Gardu Action. Selain dapat belajar tantang tata kelola sampah, wisatawan juga dapat melihat instalasi seni dari barang bekas yang asyik dijadikan spot selfie.

Sampah menjadi masalah klasik di penjuru tanah air. Kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya menjadikan tabungan bencana jika tidak segera bergerak mencari solusi. Berawal dari permasalahan sampah di Pantai Parangtriris yang semakin menumpuk saat musim liburang datang, warga karang taruna Dusung Mancingan berinisiatif untuk membentuk tampat pengolahan sampah. Tetapi tempat ini bukan pengolahan sampah biasa, melainkan juga menjadi tempat wisata baru sekaligus pembelajaran tentang tata kelola sampah.

Baca juga: 10 Ide Kreatif Daur Ulang Botol Plastik

Sebelum dikreasikan, samapah yang dikumpulkan oleh pengelola Gardu Action dari sepanjang pantai dipilah menajdi dua bagian yakni samaph organic dan non-organik.

Bila anda ingin mendapatkan ilmu tentang pengelolaan limbah, pengelola Gardu Action tidak sungkan menerangkannya. Sesuai nama Gardu Action yang bermakna Garbage Care Education, pengelola selalu mengedukasi setiap wisatawan yang datang. Mengelola limbah rumahan menjadi barang yang bisa digunakan kembali.

Aktifitas yang bisa dikerjakan di Gardu Action

  1. Belajar tentang tata cara kelola sampah. Pengelola Gardu Action ini dengan senang hati memberikan penjelasan tentang seluk-beluk sampah kepada wisatwan yang berkunjung.sejak memasuki kawasan ini, berbagai upaya edukasi sudah dilakukan dengan menampilkan bank sampah dan tempat penilaian sampah.
  2. Salah satu hal yang menarik dari Gardu Action ini ialah banyaknya instalasi seni dari barang bekas yang tersebar dari berbagai tempat. Instalasi tersebut mempunyai beragam mulai dari hewan, tokoh kartun hinggan benda-benda yang abstrak. Instalasi yang paling menarik tentu saja sayap kupu-kupu. Dengan latar belakang jingga matahari tenggelam, siluet gesture tubuh dihiasi sayap kupu-kupu akan menciptakan foto yang indah.
  3. Camping. Di salah satu sudut lokasi Gardu Action terdapat camping ground yang bisa digunakan untuk menginap. Camping di atas gumuk pasir berlatar belakang ombak dan kerlip gemintang disaat malam datang akan menjadi pengalaman baru yang seru. Lebih menyenangkan, bila anda bisa menimba ilmu kepada kawan-kawan Gardu Action soal pengelolaan sampah.

Leave a Reply